Minggu, 26 Mei 2013

Apa perbedaan hardisk dengan flashdisk?




     Setelah data dimasukan oleh peralatan masukan (input) dan diproses maka data itu disimpan di dalam sebuah perangkat penyimpanan yang disebut dengan memori. Memori adalah alat yang berfungsi dalam mengolah data dan instruksi serta tempat penyimpanan data dan sistem aplikasi yang dijalankan.
      Memori dapat diibaratkan sebagai daya ingat manusia. Memori diantaranya ada flashdisk, harddisk, CD, DVD, dan disket. Di pasaran Memori yang paling banyak digunakan ialah flashdisk dan hardisk. Berikut adalah perbedaan diantara flashdisk dengan harddisk.
1)      Harddisk merupakan media penyimpanan yang dapat menyimpan OS (Operating System). OS itu sendiri merupakan software utama yang mendasari semua program yang ada pada komputer. Sedangkan flashdisk tidak dapat menyimpan OS.
2)      Flashdisk merupakan media penyimpan data yang bersifat removable (mudah untuk dipindahkan) sedangkan harddisk tidak.
3)      Flashdisk juga merupakan media penyimpanan yang bersifat nonvolatile artinya data yang tersimpan di dalamnya tetap akan ada/ tidak akan hilang meski tanpa adanya daya listrik. Sedangkan hardisk tidak.
4)      kapasitas memori flashdisk dapat dikatakan lebih kecil dibandingkan dengan harddisk

1 komentar:

  1. Terimakasih artikelnya sangat membantu saya untuk mengetahui apa bedanya hardisk dengan flashdisk

    Kunjungi blog saya di http://siskaberliana.blogspot.com
    Dan website kampus kami di http://www.atmaluhur.ac.id

    BalasHapus